Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 24 Juni 2012

IBM Kalahkan Fujitsu Sebagai Komputer Tercepat

BBC Indonesia
Komputer Sequoia produksi IBM tercatat sebagai komputer paling cepat di jajaran komputer super cepat dunia dan mengalahkan komputer K buatan perusahaan Fujitsu.

Apa yang semestinya dilakukan oleh 6,7 miliar orang dengan menggunakan kalkulator tangan tanpa henti dalam waktu 320 tahun untuk menghitung, komputer ini mampu menyelesaikan penghitungan dalam waktu satu jam.

Produksi perusahaan Amerika IBM itu tercatat 1,55 kali lebih cepat dibanding model Fujitsu model, dan menggunakan lebih dari 1,5 juta prosesor.

Sebagai perbandingannya, jumlah prosesor komputer super cepat K buatan perusahaan Jepang Fujitsu hanya separuh dari jumlah Sequoia.

Dari segi efisiensi energi, Sequoia menggunakan 7,9 megawatt. Adapun komputer K memerlukan 12,6 megawatt.

David Turek, salah seorang petinggi IBM mengatakan kepada BBC bahwa perusahaannnya telah merencanakan untuk kembali menduduki posisi paling atas selama dua tahun terakhir.

"Perencanaan matang membuahkan hasil ini. Kami tahu hal ini akan menjadi kenyataan," kata David Turek.

Minat pasar

Turek menyebut Sequoia sebagai "puncak efisiensi energi" dan menuturkan pasar memberikan tanggapan positif.

"Laboratorium-laboratorium milik pemerintah di berbagai negara Eropa sudah menyatakan minat," tuturnya.

Sistem tersebut baru Sequoia dipasang dan akan digunakan untuk melakukan simulasi guna membantu memperpanjang masa kerja senjata nuklir sehingga tidak diperlukan lagi uji coba senjata nuklir di bawah tanah.

Sequoia telah dipasang di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore, milik Departemen Energi Amerika Serikat di California.

Inilah untuk pertama kalinya perusahaan komputer Amerika menempati posisi teratas sejak dikalahkan oleh Cina dua tahun lalu.

China dan Jerman masing-masing mempunyai dua super komputer, sedangkan Jepang, Prancis dan Italia masing-masing memiliki satu komputer super cepat.

0 komentar:

Posting Komentar