Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Jumat, 06 April 2012

(Calon) Skutik itu Bernama Yamaha Soul GT


Yamaha nampaknya benar-benar telah bangun dari tidurnya. Sepanjang 2011 kemarin mereka nampak tidak berdaya menghadapai serangan bertubi-tubi pabrikan kepak sayap tunggal, Honda. Launching motor baru silih berganti tiap bulan seolah-olah menegaskan kalau Honda ingin menguasai segala hal berbau market roda dua, dan Yamaha “hanya” mempu merespon “ala kadarnya” (facelift minor). Hasilnya adalah Honda begitu dominan selama 2011 (termasuk, kalau mau dihubung-hubungkan, di ranah MotoGP juga) menguasai lebih dari separuh market roda dua, Yamaha sendiri semakin menurun pangsa pasarnya. Bahkan singgasana skutik yang mereka kuasai dengan aman tentram bisa ditumbangkan dengan pasukan skutik Honda. Hanya lini sport yang masih bisa membuat pabrikan garputala ini tersenyum.

Nah, di 2012 ini, Yamaha lewat YIMM nampaknya sudah mulai “berani” menampakkan eksistensinya. Dua bulan pertama mereka menggebrak dengan launching sekaligus 2 skutik, Yamaha Mio Fino dan Yamaha Mio J. Dua skutik klan Mio beda wajah tersebut menjadi awal serangan balik untuk kembali merebut singgasana skutik. Dan impresi awal dari penjualan menunjukkan angka yang menggembirakan, bahkan bisa melampaui target. Tapi Yamaha merasa itu belum cukup, apalagi pesaing abadi mereka, Honda juga telah meluncurkan skutik andalannya dengan berbagai penyempurnaan pada sosok Honda Vario 125 PGM-FI.

Yamaha sudah mempersiapkan skutik baru lagi yang akan dilepas ke pasar, yaitu Yamaha
Mio
Soul GT. Yup, skutik yang berhasil dijepret penampakannya lewat foto-foto spyshot beberapa blogger, sekarang sudah dengan gamblang penampakannya disebar oleh motorplus-online. Yamaha nampaknya memposisikan skutik ini untuk kalangan laki-laki. Tanda-tandanya terlihat dari dihilangkannya nama Mio (Mio Soul) sehingga hanya menjadi Soul dan ditambahkan GT di belakangnya. Garis desain juga terlihat “laki” banget, bodi lebih berisi dan headlamp terlihat sangar IMHO

Tidak lupa juga sistem pengabutan sudah mengaplikasikan teknologi injeksi terbaru Yamaha, YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet – Fuel Injection), jadi ada jaminan untuk lebih irit dibanding generasi pendahulunya. Teknologi ini juga sudah disematkan terlebih dahulu di Mio J. Motorplus juga mengabarkan bahwa Soul GT ini memiliki tipe rangka dan mesin yang sama dengan Mio J. Well, strategi yang cerdas untuk meminimalisir cost research. Varian yang disediakan nampaknya juga hanya berdasarkan warna, motorplus mengatakan bahwa warna yang disediakan adalah putih, merah, biru, cyan dan cream.

0 komentar:

Posting Komentar